PKM Prodi Ilmu Komunikasi Univrab: Bantu Anak Pemulung dan Anak Yatim Piatu Keluar dari Kemiskinan

Suci Shinta Lestari,S.Sos.,M.I.K memberikan materi

Pekanbaru – Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab (Univrab) berhasil melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di panti asuhan RT 03 Kecamatan Tampan Pekanbaru pada Maret 2024 untuk membantu Keturunan pemulung dan anak yatim piatu keluar dari jerat kemiskinan.

Muhammad Arif, M.I.K, sebagai ketua pelaksana, dibantu oleh tim terdiri dari Suci Shinta Lestari, S.Sos, M.I.K, dan Puspa Ningrum, ST., MT. Memberikan bimbingan teknis kepada anak-anak tersebut serta mengedepankan pentingnya pengembangan soft skill sebagai bagian dari kecerdasan emosional.

Dalam wawancara, Muhammad Arif, M.I.K, menekankan bahwa kemampuan intra dan interpersonal sangat penting untuk membantu anak-anak meniti karir mereka kelak.

“Pentingnya soft skill, sebagai pengembangan dari kecerdasan emosional, harus selalu ditekankan pada anak-anak ini, kemampuan yang melibatkan kesadaran diri, pengaturan emosi, motivasi diri, dan penilaian diri yang baik, serta kemampuan individu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, akan sangat membantu anak-anak ini untuk meniti karir mereka kelak,” ucapnya.

Suci Shinta Lestari juga menyoroti permintaan perusahaan akan kombinasi hard skill dan soft skill yang semakin meningkat. Menurutnya, kemampuan seperti teamwork, komunikasi, dan hubungan interpersonal sangat diperlukan dalam dunia kerja saat ini.

“Permintaan perusahaan akan kombinasi hard skill dan soft skill semakin meningkat, hal ini di Buktikan dengan adanya iklan lowongan kerja yang menuntut kemampuan seperti teamwork, komunikasi, dan hubungan interpersonal,” tegasnya dalam sesi wawancara.

Dengan peningkatan soft skill dalam Ilmu Komunikasi, anak-anak panti asuhan dan keturunan pemulung dapat memiliki pilihan pekerjaan kreatif yang meningkatkan penghasilan dan memberikan bekal keahlian sedari dini.

Upaya ini diharapkan dapat menerangi masa depan anak pemulung dan yatim piatu, membantu mereka keluar dari jerat kemiskinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *